top of page

Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya


Foto: Kaca Mata Selam Tradisional.

Kabupaten Alor terkenal dengan keanekaragaman dan keunikan budayanya. Kebudayaan yang dimiliki oleh daerah yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ini merupakan kebudayaan yang majemuk dan sangat kaya ragamnya.

Alor sendiri terdiri dari berbagai suku, yang mendiami dua pulau besar yakni Pulau Alor dan Pulau Pantar, serta pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Pura, Pulau Ternate, Pulau Tereweng, Pulau Buaya, Pulau Kangge, dan Pulau Kepa.

Masing-masing suku di Alor memiliki keanekaragaman budaya dan bahasa tersendiri. Di setiap budaya tersebut terdapat nilai-nilai sosial dan seni yang tinggi.

Foto: Ragam Kerajinan Tang Dari Muti Khas Alor

Pada kondisi saat ini kebudayaan mulai ditinggalkan, bahkan sebagian masyarakat Alor malu akan kebudayaannya sebagai jati diri sebuah daerah. Jika hal ini dibiarkan maka dapat mengurangi keharmonisan hubungan dengan nilai nasionalisme, karena tidak ada rasa cinta terhadap budaya daerah / bangsa sendiri dan rasa peduli terhadap masyarakat dan daerahnya sendiri.

Sebenarnya Alor memiliki potensi kebudayaan yang sangat unggul dibanding daerah-darrah lain dan kebudayaan Alor termasuk budaya yang di gemari masyarakat luar negeri, namun sayangnya masyarakat Alor sendiri kurang begitu perhatian dengan hal tersebut. Akibatnya banyak kebudayaan daerah yang hilang karena tidak ada yang berminat untuk belajar.

Foo: Sisir Bambu Tradisional.

Oleh karena itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Alor perlu meningkatkan ketahanan budaya daerah yang bertitik-tolak dari upaya-upaya pengem­bangan kebudayaan yang mampu melahirkan nilai tambah kultural. Seni-seni lokal yang berakar dalam budaya masyarakat perlu tetap dilestarikan, ditambah sentuhan-sentuhan nilai-nilai dan nafas baru dalam pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya, maka secara otomatis akan mengundang apresiasi dan menumbuhkan sikap positif terhadap pembaharuan dan pengayaan karya-karya budaya di daerah. Dengan demikian maka budaya lokal kita bisa menjadi bagian dari Kekayaan Budaya Nasional dan menjadi Modal Sosial Kultural Masyarakat.

Semoga pengembangan ekonomi kreatif berbasis budaya lokal di Kabupaten Alor yang menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia, dapat memberikan kontribusi terhadap khasanah budaya Indonesia yang dapat bersaing di kancah ekonomi dunia.


Wonderful Alor
Recent Posts
instagram @zoomalor

Help Government!!

Build Tourism Of Alor...!!

Mike Inspire You
  • Instagram Social Icon
  • Facebook Basic Square
  • Twitter Basic Square
bottom of page